Berita Terkini

Lebaran Anak Yatim Sebagai Keistimewaan Bulan Muharram

Ali Ashari Akbar

16 Agustus 2020

Lebaran Anak Yatim Sebagai Keistimewaan Bulan Muharram

Banyak keistimewaan di bulan Muharram. Bahkan salah satu keistimewaannya, sebagian umat Muslim mungkin ada yang menganggap bulan Muharram sebagai lebarannya anak yatim.

Ya, ada anggapan bahwa tanggal 10 Muharram adalah hari lebaran untuk anak yatim.

Lantas apa yang mendasari hal itu dan bagaimana asal usulnya ?

Seperti dikutip dari Republika, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis memberi penjelasan.

Kiai Cholil memaparkan, keidentikkan bulan Muharram dengan lebaran anak yatim didasarkan pada sebuah hadis yang disebut dalam kitab Tanbighul Ghafiliin.

"Penyebutan tanggal 10 Muharram sebagai lebaran anak yatim karena ada hadis yang disebutkan dalam kitab Tanbighul Ghafiliin. Man masaha yadihi ala ro'si yatiim yaum asyuro rofa'allah ta'ala bi kulli sya'rotin darojah," jelasnya.

Hadis tersebut menyampaikan, siapa yang menyantuni anak yatim pada hari Asyuro atau tanggal 10 Muharram, maka derajatnya akan dinaikkan oleh Allah SWT. Namun, hadis itu dianggap dhaif atau lemah oleh para ulama.

Sebagian ulama bahkan memberi penilaian bahwa hadis itu maudhu alias palsu. Sebab, di dalam sanad (jalur) hadisnya ada perawi yang kurang dipercaya.

Meski dhaif atau bahkan palsu, hadis itu diposisikan untuk menjaga perilaku sebagaimana dicontohkan Rasulullah SAW, yaitu mengasihi anak yatim.

"Sebagian ulama berpendapat ini (untuk) akhlak saja. Bahwa di hari Asyuro, hari yang baik bagi umat Islam, dijadikan momentum untuk kita mengenang dan mengikuti Rasulullah, yaitu menyayangi anak yatim," paparnya.

Kiai Cholil pun mengingatkan, Rasulullah adalah sosok penyayang anak yatim.

Karena itu pula, hari baik Asyuro dipakai sebagai momentum untuk menyantuni anak yatim.

Hadis tersebut untuk mengasah akhlak umat Muslim agar senantiasa memberi kasih sayang kepada anak yatim.




lembaga amil zakat infak sedekah tangerang

AKTA NOTARIS ZULVANOVRIYENDI, SH. M.KN. NO.13 TANGGAL 24 DESEMBER 2016. SK KEMENKUMHAM NO. AHU.00466843.AH.01 TAHUN 2016. IZIN DINSOS NO. 460/484-DINSOS/2019.

Hubungi Kami

  • admin@insannuraini.org
  • www.insannuraini.org
  • 021-55661340 / 0878 3936 2220
  • Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang